Laman

Rabu, 24 September 2014

jurusan peternakan



Pada jurusan peternakan kita tidak hanya belajar tentang mengurus kandang sapi dan hewan ternak lainnya,
tapi kita jug akan mempelajari tentang teknologi produksi, teknologi pakan, ilmu teknologi pengolahan susu, ilmu tknologi pengolahan daging, manajemen dan perencanaan usaha, teknologi informasi dan komunikasi, ilmu pemuliaan ternak, ilmu teknologi pengolahan limbah peternakan dan masih banyak lainnya.
Banyak orang bertanya kenapa harus jurusan peternakan? Karena manusia di dunia membutuhkan makan untuk bertahan hidup. Sumber pangan untuk manusia adalah sumber pangan hewani dan sumber pangan nabati. Sumber pangan nabati didapat dari tumbuhan sedangkan sumber pangan hewani berasal dari produk-produk peternakan. Produk pangan hewani umumnya berupa daging, susu, telur, dan ikan yang sangat kaya akan protein. Sumber pangan hewani yang sangat dekat dengan masyarakat adalah daging. Tingkat kesadaran akan pemberian protein daging yang rendah terhadap balita akan menyebabkan pertumbuhan yang terganggu, perkembangan mental, meningkatkan resiko terjangkit penyakit, serta menurunkan produktivitas kerja. Saat ini konsumsi protein hewani protein hewani penduduk indonesia masih sangat rendah yaitu 4,5 gram/kapita/hari, sedangkan konsumsi protein hewani masyarakat dunia adalah 26 gram/kapita/hari. Pertumbuhan penduduk di Indonesia sangat cepat. Namun produksi produk peternakan dalam negri belum mencukupi. Maka dari itu jurusan peternakan sangat berguna untuk membenahi hasil produk peternakan yang akan mencukupi kebutuhan masyarakat dengan cara pemeliharaan yang secara intensif melalu manajemen pakan yang benar, pemilihan bibit unggu, memantau hewan ternak dari serangan penyakit, melakukan inseminasi buatan untuk menghasilkan yang unggul juga. Dengan dibutuhkannya banyak hewan ternak untuk dikonsumsi agar melengkapi kebutuhan pangan hewani maka keberadaan sarjana peternakan sangat dibutuhkan.
Kesempatan kerja bagi para sarjana peternakan sangat luas, sarjana peternakan dapat bekerja di industri produksi peternakan, industri pakan ternak, pengadaan ternak dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar